Pages

09 January 2011

Logo Baru Unesa

Prof. Dr. Muchlas Samani,MPd
 
Meski baru menjabat sebagai rektor di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof. Dr. Muchlas Samani,MPd, dikenal sebagai seorang kreator. Salah satu hasil kreasi yang dilakukan Mantan Pembantu Rektor IV Unesa ini adalah dengan membuat logo baru Unesa. ''Saya membuat logo baru ini bersama-sama dengan tim dari Unesa, yaitu mahasiswa dan dosen Unesa,'' ujarnya.

Mantan staf ahli Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) ini mengatakan, dalam logo baru ini, Unesa akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Menurutnya, logo baru Unesa, lebih simpel dan sederhana dari logo Unesa sebulumnya. ''Jika dalam logo lama gambar Unesa dibatasi dengan garis atau bingkai, tapi saat ini logo Unesa tidak disertai dengan bingkai,'' jelasnya.  

Selain itu, mengenai tulisan Unesa, jika dulu berada di samping atas gambar sayap dan tugu pahlawan, sekarang berada di bawah sayap dan tugu Unesa. ''Jadi logo baru ini akan lebih memudahkan bagi orang yang ingin melihat logo Unesa,'' tegasnya.
 
Pria berkacamata ini menjelaskan, dalam pembuatan logo baru ini, Unesa ingin menampilkan jati diri sebenarnya. Artinya, Unesa ingin dikenal sebagai kampus yang memiliki ciri khas. Salah satunya dengan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK). ''Kita sudah dikenal LPTK-nya, sehingga mau tidak mau Unesa harus memperbaiki dan mempertahankan status LPTK,'' tambahnya.
Bapak Muchlas menyatakan, saat ini dengan logo baru akan memberikan semangat bagi para dosen dan karyawan di Unesa untuk bekerja lebih baik lagi. ''Kita ingin, kerja keras para dosen dan karyawan dapat menjadikan akreditasi Unesa menjadi A,'' pintanya.
 
Menurutnya, sampai saat ini akreditasi Unesa secara kelembagaan hanya B, maka dengan logo baru ini diharapkan akreditasi Unesa menjadi A. ''Saya yakin akreditasi Unesa bakal A karena tanda-tanda ke sana sudah mulai tampak, seperti sudah tertata atau termenejemennya lembaga Unesa dan semakin banyaknya dosen yang mengikuti sekolah lanjutan yaitu S-3 serta memperbanyak gelar profesor,'' ungkap beliau.

Berikut desain logo Unesa yang telah disepakati :


















No comments:

Post a Comment